Kamis, 10 April 2008

Libertadores: Flamengo ke Babak 16

Libertadores: Flamengo ke Babak 16

Flamengo tiba di Cusco, kota di ketinggian 3.300 meter di atas permukaan laut, dengan kawalan ketat aparat kepolisian. Publik Cusco tidak menyukai Flamengo yang mengkampanyekan larangan bertanding di ketinggian.




Flamengo, klub Brasil yang memimpin kampanye anti-bertanding di ketinggian, mengalahkan Cienciano -- klub di Liga Peru -- 3-0 di Cusco, kota di ketinggian 3.300 meter di atas permukaan laut (dpl), Rabu (9/4) waktu setempat atau Kamis (10/4) WIB. Kemenangan di kota bersejarah Pegunungan Andes ini menempatkan Flamengo di babak 16 Piala Libertadores.

Tahun lalu, Flamengo mengancam tidak akan memainkan laga di ketinggian setelah dipaksa Real Potosi -- klub di Liga Bolivia -- bermain 2-2 dalam laga di ketinggian 4.000 meter dpl. Mario Braga, presiden Flamengo, secara terbuka menyatakan mendukung gagasan FIFA yang hanya mengijinkan laga di ketinggian 2.750 meter dpl.

Upaya Flamengo menjadi sia-sia, setelah Konfederasi Sepak Bola Amerika Latin (CSF) pekan lalu memutuskan tidak akan menerima rekomendasi FIFA yang akan memperluas batasan itu ke semua pertandingan.

Flamengo menjadi tidak populer di kalangan publik Cusco. Akibatnya, Flamengo datang ke kota kecil itu di bawah penjagaan ketat aparat keamanan. Sekitar 60 fans tuan rumah menyambut Flamengo dengan aksi protes. Tapi di lapangan, publik tuan rumah terpana dengan permainan tim asal Brasil itu. Publik sangat menghormati pertandingan, sehingga tidak ada cemoohan untuk Flamengo.

Renato Augusto membuka skor untuk Flamengo menit ke-53. Torro menambah keungguan tim tamu menit ke-78, dan Juan menutup laga dengan gol tembakan bebas di menit terakhir.

Flamengo bertengger di puncak klasemen Grup 4, dengan 10 angka dari lima pertandingan, dengan sisa satu pertandingan. Nacional dan Cienciano, klub asal Uruguay dan Peru, di tempat kedua dan ketiga dengan sembilan dan tujuh angka.

Di Grup 6, Santos kehilangan kesempatan meraih tempatnya di babak 16 akibat dikalahkan Guadalajara (Meksiko) 2-3. Santos masih di tempat kedua dengan tujuh angka dari lima pertandingan. Guadalajara naik ke tempat ketiga, dengan enam angka.

Santos masih memiliki satu pertandingan lagi melawan Cucuta, pemimpin klasemen yang sudah meraih tiket ke babak 16, di depan publiknya. Sedangkan Guadalajara akan bertandang ke San Jose

Tidak ada komentar: